Apa Itu Tie Dye Dan Bagaimana Cara Membuatnya

Tie dye adalah proses pewarnaan dan motif dengan cara mengikat dan mencelupan sepotong kain yang biasanya terbuat dari katun, adapun warna-warna yang biasa digunakan adalah warna-warna cerah atau terang. Cara ini adalah versi modern dari metode pencelupan tradisional yang digunakan oleh berbagai masyarakat di seluruh belahan dunia.

apa itu tie dye dan cara membuatnya

 

Bahannya untuk pembuatannya sebagai berikut :
-Garmen dasar-Putih (TIP: menggunakan katun, linen, dan kain rayon untuk hasil terbaik)
-Baskom
-Sarung tangan-Karet, karet gelang, dan dua blok kayu kecil atau kotak (semua termasuk dalam kit yang kita gunakan)
-Indigo tie dye kit

Cara membuat Tie Dye :
-Isi baskom atau ember dengan sekitar empat galon air keran hangat, dan tuangkan pewarna indigo.
-Mulailah diaduk perlahan searah jarum jam. Sambil diaduk, tuangkan dalam zat pereduksi.
-Lanjutkan mengaduk dalam arah yang sama sampai semuanya tampak baik dicampur. Aduk dalam arah yang berlawanan beberapa kali, dan kemudian tutup baskom dan diamkan selama setidaknya 20 menit (atau sampai satu jam).
-Sementara itu persiapan pakaian Anda! Untuk melakukan teknik shibori Itajime kita gunakan, lipat item memanjang seperti akordeon.
-Kemudian, akordeon-lipat melintang sampai Anda memiliki persegi. Cobalah untuk menjaga lipatannya sekencang mungkin!
-Lipatan pakaian Anda dilipat antara dua kotak kayu. Aman dengan karet gelang dalam pola grid seperti.

-Setelah setidaknya 20 menit, lepaskan penutup dari tong pewarna. Harus ada berbusa di atas, dan ketika Anda mendorong ke samping dengan sendok, cairan harus menjadi hijau jelas. Ini berarti sudah siap! Bilas dan siram pakaian terikat, meremasnya untuk menghilangkan air dan udara apapun. Dengan sarung tangan karet Anda, celupkan baju terikat tadi ke dalam cairan indigo. Tunggu selama beberapa menit di bawah permukaan (tapi jangan biarkan itu tenggelam ke dasar-residu karena dapat mengubah warna).
-Lepaskan pakaian dan tempat pada permukaan mess-bukti. Ini harus hijau, tapi bersiap-siap untuk beberapa ilmu keren: Seperti setelah terkena oksigen, warna akan berubah di depan mata Anda. Biarkan setidaknya selama 20 menit, dan harus terlihat benar-benar biru.
Bilas pakaian (masih terikat) dari pewarna berlebih sampai air wastafel mengalir jelas. lepaskan karet gelang dan potongan kayu, dan gaya chic yang baru cocok untuk cuters.
Bagaimana? masih bingung? ya belajarlah pelan dan diulang secara terus menerus, good luck 🙂