Mengenal Jenis-jenis Tinta Sablon

sablon kaos murah

1 tinta dwaterbase/ tinta basis air
a. tinta Rubber/karet/GL: dipake buat sablon diatas bahan tekstil, Biasanya sih kaos.Karakteristiknya bisa melar kayak karet kalau ditarik. Tinta jenis ini banyak banget dipake untuk konveksi, dimulai dari kualitas A sampai Z. Kalau mau tau kualitas sablonnya, cukup kamu tarik hasil sablonnya, apa itu lembut atau kasar, juga tingkat elastisitasnya, apa dia akan melar atau akan retak.
b. Rubber Transparat
Biasanya, tinta ini dipakai untuk gradasi warna. bisa dipake dalam proses sablon separasi (tumpuk 4 warna). karena sifatnya transparan, warna atas bisa menutup warna yang ada dibawahnya.


c. Tinta Extender/Meduim:
karakteristiknya yang transparan, bikin tinta ini gak bisa dipake di bahan-bahan yang berwarna gelap. jenis tinta ini punya permukaan yang halus kalau disentuh, karena bisa menyerap dengan baik ke pori-pori kain dengan baik. mirip kayak rubber transparant, tinta ini juga bisa dipakai untuk separasi.
d. Tinta Superwhite:
ciri-cirinya: tinta jenis ini biasanya dipakai untuk menghasilkan efek vintage atau grunge samar-samar, namun tidak dapat disablonkan ke bahan berwarna gelap. karakteristik yang lembut juga juaranya untuk tinta jenis ini. akhir-akhir ini, tinta superwhite banyak dipake untuk sablon kaos yang menggunakan teknik raster(teknik gradasi), yang biasanya cukup sulit didapatkan dari hasil tinta rubber.
e. Tinta foaming
seperti namanya, karakteristik tinta ini dapat mengembang bila terkena press panas. dipakai untuk menghasilkan efek timbul/foaming pada sablonan diatas bahan tekstil atau kaos.
f. Tinta Metalic
Tinta ini terdiri dari warna silver dan gold. tinta jenis ini memiliki 2 jenis komponen, yaitu binder metalic dan serbuk metalic.
g. Tinta Glitters:
Sebenernya agak kurang tepat kalau ini disebut tinta, karena biasanya bahan ini dicempur dengan glitters dan lem glitters itu sendiri. Glitters yang banyak dipasaran contohnya: glitters metalic, glitters rainbow, glitters hologram, glitters hexagon.
h. Foil transfer: mirip kayak glitters, tapi tinta ini bukan tinta sablon, karena terdiri dari lem foil dan kertas foil sebagai penghasil efeknya.
i. Flocking:
Tinta jenis ini merupakan efek bludru yag didapatkan dengan cara transfer dengan meniupkan serbuk bludru ke atas lem flocking yang sudah mengering (dg bantuan mesin, tentunya)
Tinta Glow in the dark:
Tinta ini bisa bercahaya dalam kegelapan, tinta ini merupakan campuran antara serbuk fosfor yang mampu menyerap cahaya dan memendarkannya kembali saat gelap(efeknya dalam waktu terbatas) dengan tinta yang berkarakteristik transparat seperti misalnya rubber transparat. untuk catatan, tinta ini hanya menghasilkan efek yang baik diatas warna terang, semisal ada bahan berwarna gelap, biasanya dilakukan underbase(dasaran) berwarna terang dulu.
Crack Binder: Tinta jenis ini menghasilkan efek retakan yang natural. ini keren banget kalau kalian pilih sablon dengan tema vintage atau grunge.

So, Keren itu memang pilihan. Tapi bakal lebih keren lagi kalau kalian menentukan pilihan itu sesuai dengan diri kalian sendiri 🙂

Mau solusi sablon murah dan berkualitas dan banyak GRATIS NYA ? segera klik disini terbatas !!